Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi

Visi program studi Pendidikan matematika

Menyelenggarakan program pendidikan Matematika yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pengembangan ilmu dan pembelajaran Matematika dengan mengintegrasikan ke-Islaman, keilmuan, dan ke-Indonesiaan.

Misi program studi pendidikan matematika

Misi yang diemban oleh Program Studi Pendidikan Matematika adalah:
Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Matematika berbasis penelitian dengan mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman;
Mengembangkan penelitian bidang Pendidikan Matematika yang inovatif dan terkini;
Mengembangkan kemitraan dan layanan pengabdian kepada masyarakat bidang Matematika;
Memanfaatkan rekayasa teknologi, informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Matematika.

tujuan program studi pendidikan matematika

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika adalah:
  1. Menghasilkan lulusan berkarakter Islami, unggul dan berdaya saing dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Matematika berbasis penelitian pada satuan pendidikan dasar dan menengah;
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam melakukan dan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan matematika;
  3. Menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing dalam mengelola kewirausahaan bidang pendidikan matematika;
  4. Menghasilkan lulusan yang inovatif dalam mengembangkan media, dan teknologi pembelajaran matematika

Strategi

Strategi Pencapaian Kelembagaan
Strategi Kelembagaan untuk mencapai tujuan Prodi dilakukan melalui:
  1. Pengintegrasian nilai keilmuan, keislaman dan keindonesiaan dalam setiap mata kuliah.
  2. Pengamalan nilai-nilai Islami dalam kehidupan kampus.
  3. Peningkatan kemampuan lulusan dalam bidang minat dan bakat serta penalaran.
  4. Meningkatkan Penelitian kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.
  5. Peningkatan Penelitian Kolaborasi dengan institusi luar negeri.
  6. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian.
  7. Kolaborasi dengan institusi dalam dan luar negeri untuk pengembangan pendidikan fisika.
  8. Peningkatan mutu penelitian dosen dan mahasiswa.
  9. Menjalin kerjasama dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan berbagai institusi.
  10. Pembinaan terprogram dan berkelanjutan terhadap institusi/lembaga pendidikan dan komunitas/masyarakat.
  11. Peningkatan kualitas pengabdian dosen kepada masyarakat.
  12. Penguatan kemampuan literasi ICT dalam pengembangan ilmu pendidikan fisika.
Strategi Pencapaian Visi dan Tujuan Keilmuan Program Studi
Untuk mencapai visi dan Tujuan Program studi dilakukan strategi dengan cara:
  1. Mengintegrasikan pembelajaran adaptif dalam kurikulum untuk memastikan bahwa setiap mahasiswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajarnya sendiri, memanfaatkan teknologi terkini.
  2. Mengembangkan keterampilan pedagogis dan penelitian mahasiswa melalui praktikum, proyek, dan penelitian yang berorientasi pada masalah nyata dan inovasi pendidikan.
  3. Menyediakan pelatihan dan sumber daya untuk pengembangan profesional berkelanjutan bagi dosen dan mahasiswa, dengan fokus pada inovasi pembelajaran dan integrasi teknologi.
  4. Membangun kemitraan dengan sekolah, universitas, dan lembaga penelitian lainnya untuk memperluas kesempatan belajar dan penelitian bagi mahasiswa dan dosen.
  5. Mendorong kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan alumni melalui inkubator bisnis dan dukungan untuk startup di bidang pendidikan fisika.
  6. Mengadopsi pendekatan multidisiplin dalam pengajaran dan penelitian, memungkinkan integrasi ilmu fisika dengan bidang lain seperti teknologi informasi, biologi, dan kimia untuk memperkaya proses pembelajaran.
  7. Mengimplementasikan evaluasi dan penilaian yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dan untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dan inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran.
Rencana Strategis Jangka Panjang Pencapaian VMTS Kelembagaan
Tahapan pengembangan Program Studi jangka panjang 2020-2045 dibagi dalam lima tahapan:
  • Tahap I (2020-2024)
Sebagai tahap Pengembangan Keunggulan Program studi. Fokus tahap ini adalah peningkatan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dan layanan pengelolaan administrasi program studi berbasis IT yang mendukung proses pembelajaran, dan berimplikasi pada keunggulan komparatif lulusan melalui sistem layanan yang efisien dan efektif.
  • Tahap II (2025-2029)
Sebagai tahap Pengembangan Keunggulan Program studi. Fokus tahap ini adalah peningkatan kerjasama dan kualitas penyelenggaraan tridarma PT dan tingkat profesionalitas lulusan yang salah satunya tercermin pada level akreditasi.
  • Tahap III (2030-2034)
Sebagai tahap Peningkatan Komparatif program studi. Fokus tahap ini adalah upaya peningkatan kualitas SDM.
  • Tahap IV (2035-2039)
Sebagai tahap Peningkatan Aliansi Strategis skala Global. Fokus tahap ini adalah peningkatan intensitas dan kinerja dengan memanfaatkan jejaring kolaborasi nasional dan partnership internasional, peran serta lembaga dalam penyelesaian isu-isu global dan internasional dalam bidang yang relevan dengan tujuan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  • Tahap V (2040-2045)
Sebagai tahap Pemantapan Pengakuan Global. Fokus tahapan ini adalah pengokohan kolaborasi, partnership penelitian internasional, dan kontribusi keilmuan bagi masyarakat global.
Rencana strategis jangka panjang untuk pencapaian visi dan tujuan keilmuan
  • Tahap II (2025-2029): Pengembangan Keunggulan Akademik dan Profesionalisme
  1. Pengembangan Kurikulum: Mengintegrasikan teknologi dan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum fisika, memastikan pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.
  2. Pelatihan Dosen: Melaksanakan program pelatihan untuk dosen dalam penggunaan teknologi pendidikan dan metode pembelajaran inovatif.
  3. Infrastruktur IT: Meningkatkan infrastruktur IT untuk mendukung pembelajaran online dan hibrida, termasuk laboratorium virtual dan platform pembelajaran.
  • Tahap I (2020-2024) : Pengembangan Keunggulan dalam Pembelajaran dan Administrasi
  1. Kolaborasi Akademik: Meningkatkan kerjasama dengan institusi pendidikan lain, industri, dan lembaga penelitian untuk pertukaran pengetahuan dan praktik terbaik.
  2. Akreditasi: Mengejar akreditasi internasional untuk program dan kurikulum, menegaskan kualitas dan relevansi pendidikan yang disediakan.
  3. Pengembangan Profesional Mahasiswa: Menyelenggarakan workshop, seminar, dan magang dengan fokus pada aplikasi praktis ilmu fisika, teknologi pendidikan, dan kewirausahaan.
  • Tahap III (2030-2034): Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
  1. Rekrutmen Dosen dan Peneliti: Menarik dosen dan peneliti terkemuka di bidang fisika, pendidikan, dan teknologi, dengan latar belakang yang kuat dalam integrasi nilai-nilai Islam.
  2. Pengembangan Kepemimpinan: Mengembangkan program kepemimpinan untuk calon pendidik dan pengelola lembaga pendidikan, mempersiapkan mereka untuk peran strategis dalam pendidikan fisika.
  3. Penelitian dan Inovasi: Mendorong penelitian inovatif di antara dosen dan mahasiswa, dengan fokus pada pembelajaran adaptif, pengembangan media pembelajaran, dan integrasi teknologi dalam pendidikan fisika.
  • Tahap IV (2035-2039): Peningkatan Aliansi Strategis dan Kontribusi Global
  1. Jejaring Global: Memperkuat jaringan dengan universitas dan lembaga penelitian internasional, mempromosikan pertukaran ilmiah dan kolaborasi penelitian.
  2. Kontribusi pada Isu Global: Berkontribusi pada solusi pendidikan untuk isu global, seperti perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, melalui inovasi dalam pendidikan fisika.
  3. Pengembangan Teknologi Pembelajaran: Inovasi dalam teknologi pembelajaran, termasuk AI dan pembelajaran mesin, untuk personalisasi pengalaman belajar dan meningkatkan akses pendidikan.
  • Tahap V (2040-2045): Pemantapan Pengakuan Global
  1. Pengakuan Internasional: Memantapkan posisi program sebagai pemimpin dalam pendidikan fisika yang inovatif dan integratif di panggung global.
  2. Publikasi dan Diseminasi: Meningkatkan jumlah publikasi di jurnal internasional dan partisipasi dalam konferensi global, menyebarluaskan penelitian dan inovasi yang dilakukan oleh program.
  3. Kolaborasi Industri: Memperluas kemitraan dengan industri untuk menerapkan inovasi pendidikan fisika dalam praktik, memastikan relevansi dan dampak nyata pada masyarakat dan ekonomi.
Rencana Strategis Jangka Pendek (dapat dilihat tiap tahap/4 tahun)

Membangun keunggulan akademik yang dijabarkan dalam tujuan dan strategi dengan melakukan sinergi dan kolaborasi di antara para pimpinan program studi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan unit lain yang terkait di fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Rencana Starategi Jangka pendek di tuangkan dalam Indek Kinerja Utama (IKU) Program Studi